Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia. Memakai pakaian yang baik dan sehat menjadi kebutuhan semua orang agar terhindar dari penyakit yang tidak diharapkan. Oleh sebab itu, cara menyimpan pakaian perlu diperhatikan agar tidak menyebabkan pakaian mudah rusak dan berjamur. Berikut merupakan beberapa tips menyimpan pakaian agar awet dan tidak berjamur.

• Pakaian harus kering sempurna

Pakaian harus benar-benar telah kering ketika akan disimpan agar tidak menimbulkan jamur dan bau tidak sedap. Jika masih lembab sebaiknya dijemur atau diangin-anginkan terlebih dahulu hingga kering. Lemari yang digunakan pun harus bersih, kering, tidak berdebu dan tertutup rapat.

• Seleksi pakaian

Lakukan seleksi pada pakaian yaitu pakaian yang jarang digunakan dapat disimpan dalam lemari atau pada tupukan yang berbeda. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam mengambil serta menjaga kerapian lemari pakaian. Apabila terdapat pakaian yang sudah tidak Anda digunakan, sebaiknya disumbangkan sebagai donasi.

• Pelapisan clothing cover

Pakaian beraksen payet, studs atau bebatuan sebaiknya dilapisi dengan clothing cover (penutup pakaian) agar tidak tersangkut busana lain di dalam lemari. Sehingga pakaian tetap awet dan utuh.

• Menyimpan pakaian dalam

Sebaiknya letakkan pakaian dalam, kaos kaki dan stocking di dalam sebuah laci dengan cara dilipat rapi. Hal ini akan memudahkan Anda mencari pakaian dan aksesoris pakaian dalam bentuk yang cukup kecil tersebut.

• Setrika sebelum disimpan

Sebelum disimpan sebaiknya pakaian disetrika, dan lipat dengan baik agar lebih tertata rapi dan tidak kusut. Selain itu, Anda juga tidak akan keteteran saat tergesa-gesa berangkat beraktivitas.

• Gantungan baju

Jika tidak ingin melipat, gantungkan pakaian pada gantungan di dalam lemari, dan jangan diletakkan di luar karena dapat terkena debu atau barang lain yang dapat membuat baju kotor. Selain itu, apabila terdapat baju yang tidak perlu dicuci, sebaiknya digantung daripada dilipat. Periksa pula bagian kantong atau lipatan, jika ada barang yang perlu segera dikeluarkan.

• Perlakuan baju sesuai material bahan, jenis, dan warna

Pakaian yang terbuat dari kaos lebih baik dilipat dan diatur sesuai dengan warna agar rapi. Sementara itu pakaian berbahan katun sebaiknya digantung, bukan dilipat karena bahannya mudah kusut. Untuk pakaian dengan bahan rajut dan wol sebaiknya tidak digantung agar tidak mengubah atau merusak bentuk dan bahannya.

Kemeja digantung dengan keadaan kancing bawah, tengah dan atas terpasang dengan benar untuk menghindari peregangan pada kain kemeja. Untuk rok sebaiknya digantung dengan menggunakan gantungan khusus agar bentuknya tidak berubah. Dan jangan lupa pisahkan pakaian putih dan berwarna untuk mencegah kelunturan. Anda dapat mencoba membagi kompartemen lemari menjadi beberapa bagian berdasarkan warna.

• Gunakan alat penyerap kelembaban udara

Apabila diperlukan, letakkan XDryer, kamper, atau alat penyerap kelembaban lainnya di dalam lemari agar tidak timbul jamur.

• Sirkulasi udara

Lemari memerlukan sirkulasi udara agar tidak pengap dan tetap sehat sehingga perlu dibuka secara berkala agar terjadi pergantian udara.
Demikian tips menyimpan pakaian yang dapat Anda lakukan untuk mencegah jamur dan pakaian tetap awet. Semoga bermanfaat.



Sumber: caratercepat.com

Belanja pakaian anak hanya di Woffi! Tersedia seragam berkualitas untuk si buah hati.

Artikel Pilihan Lainnya

Jual Seragam Sekolah Indonesia

Subscribe

Submit
Send Message

2021 WOFFI