Bunda pernah merasa jengkel pada saat mencuci seragam SMA anak bunda karena kotorannya sulit dihilangkan dan seragam sekolahnya sudah mulai kusam terutama seragam sekolah yang berwarna putih. Memang, seragam warna putih lebih mudah terlihat jika terkena noda. Meski bukan noda yang berwarna mencolok, tetapi kotoran yang berasal dari debu gampang menempel di serat baju yang berwarna putih.

Kadang alternatif yang gampang adalah memberikan larutan pemutih pada pakaian tersebut saat mencucinya. Sayangnya, tanpa kita sadari terlalu sering mencuci dengan menggunakan pemutih tidaklah selalu membawa keberuntungan buat kita. Disamping keuntungannya, baju akan tampak lebih putih ternyata mencuci dengan pemutih terlalu sering juga bisa membuat pakaian tidak awet, alias lekas robek. Nah bagi bunda yang akan mencuci pakaian seragam sekolah anak bunda, berikut Woffi sajikan tips mencuci seragam sekolah agar lebih aman dan bersih.

1. Tips Mencuci Baju Seragam SMA Warna Putih dengan Air Panas

1. Tips Mencuci Baju Seragam SMA Warna Putih dengan Air Panas

  • Pisahkan pakaian warna dengan pakaian warna putih. Sisihkan dulu untuk pakaian warna. Sebaiknya mencuci pakaian warna putih jangan dicampur dengan pakaian warna lain. Ini agar warna putih tidak terkena noda luntur dari warna pakaian lain.
  • Siapkan air panas secukupnya dalam sebuah ember. Jika menggunakan mesin cuci (2 tabung) bisa langsung dituangkan ke dalamnya. Air tidak harus penuh, secukupnya saja asalkan bisa dipastikan semua pakaian terendam.
  • Tuangkan detergen seperti biasa, kedalam air panas.
  • Aduk agar detergen larut. Jika menggunakan mesin cuci, bisa langsung diputar sebentar.
  • Masukkan pakaian putih satu persatu, dan biarkan terendam selama 20 menit.
  • Putar mesin cuci seperti biasa. Jika menggunakan tangan, kucek bila air sudah terasa agak dingin. Fokuskan pada pakaian yang ternoda lebih banyak.
  • Bilas seperti biasa hingga bersih, dan langsung jemur agar lekas kering. karena pakaian yang keringnya lama, bisa membuat baju putih terlihat agak mangkak warnanya (tidak putih lagi).

2. Tips Mencuci Rok dan Celana Seragam Sekolah

  • Sebelum memasukkan celana dan rok seragam ke dalam mesin cuci, pisahkan dari pakaian berbahan jeans atau pakaian lain untuk menghindari celana atau rok sekolah terkena lunturan pakaian lain.
  • Kemudian jangan lupa juga untuk membalik celana dan rok tersebut, sehingga bagian dalam berada di luar untuk mencegah pemudaran warna karena bagian yang dicuci dan dibilas adalah bagian dalam celana dan rok sekolah.
  • Tutup kancing dan ritsleting celana dan rok sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci.
  • Gunakan detergen yang tepat untuk mencuci celana dan rok sekolah anak Anda, hindari penggunaan pemutih pakaian saat mencuci celana dan rok karena tentu akan membuat warnanya pudar.
  • Cuci celana dan rok sekolah menggunakan air dengan suhu biasa. Jika pakaian bawahan terkena noda atau kotoran tertentu, baru bunda dapat menggunakan air hangat atau panas untuk menghilangkan nodanya.
  • Untuk mengeringkannya, jangan gunakan mesin pengering karena putaran dan suhunya akan membuat rok dan celana menyusut. Sebaiknya saat celana dan rok sudah selesai dicuci, gantung atau jepit di tempat yang tidak langsung terkena paparan sinar matahari supaya tidak membuat warnanya pudar. Selain itu, hindari menyetrika dengan suhu tinggi supaya warnanya tidak pudar. Untuk menjaga agar warna celana dan rok tetap awet, jangan terlalu sering mencucinya.
2. Tips Mencuci Rok dan Celana Seragam Sekolah

Artikel Pilihan Lainnya

Jual Seragam Sekolah Indonesia

Subscribe

Submit
Send Message

2019 WOFFI